Kamis, 30 Agustus 2018

BUDIDAYA MAMALIA

BUDIDAYA KERBAU DAN KELINCI

   BIOLOGI HEWAN MENYUSUI (MAMALIA)

A.PENDAHULUAN
    Mamalia (latin : MAMMA,artinya susu) yang betina mempunyai kelenjar susu yang tumbuh baik,menyusui anak-anaknya setelah dilahirkan.Mamalia umumnya hidup di darat,walaupun ada juga yang hidup di air,misalnya paus,anjing laut,singa laut pesut,dan lumba-lumba.Ada juga mamalia terbang misalnya kelelawar.
    Mamalia merupakan vertebrata yang paling berhasil mempertahankan hidupnya selama evolusi.Pada saat ini kira-kira ada 4.500 jenis hewan yang hidup di darat dan air,di atas pohon-pohon,dan dalam tanah.

ciri-ciri mamalia :
a.semua mamalia betina menyusui anak-anaknya setelah dilahirkan.
b.hewan menyusui umumnya hidup didarat,walaupun ada juga jenis yang hidup dia air.
c.umumnya hewan menyusui melahirkan anaknya (vivivar) namun adapula yang bertelur (ovivar) misalnya hewan berparuh bebek.
d.umumnya hewan menyusui memiliki dua pasang anggota badan.
e.hewan menysui bernapas dengan paru-paru.
f.peredaran darah berganda,jantung tebagi atas empat ruangan dengan sekat antara belahan jantung kiri dan kanan sudah sempurna.
g.otak telah berkembang dengan baik,dan dari otak keluar pasang serabut saraf otak.
j.sisik bermodifikasi menjadi rambut.
i.cara mendapatkan makananya bermacam macan ada yang memakan tumbuhan,ada yangmemakan segala jenis makanan,ada yang memakan hewan lain,dan ada yang memakan serangga.

B.Klasifikasi Hewan Menyusui



1.Marsuplalia (mamila berkantung)
     Kangguru adalah satwa pemakan tumbuhan dari famili Macropodidae.Ada tiga jenis kangguru di Irian Jaya,yaitu dari marga Dorcopsis,Wllabia,dan Thylogale.Hewan betina umumnya mempunyai
marsupium atau lekukan (kantung) marsupial yang mengelilingi puting-puting susu pada perut.



2.Chiroptera (golongan kelelawar)
     Kelelawar merupakan jenis mamalia nokturnal (aktif di malam hari).Chiroptera adalah hewan menyusui yang dapat terbang.Alat terbangnya berupa kulit tipis yang terbentang dari kaki kiri depan hingga kaki belakang.






3.Primata (golongan kera)
     Primata (latin : primus artinya pertama),mempunyai mata yang biasanya menghadap ke depan.Biasanya berkuku,gigi banyak.
 penggolongan bangsa kera :
a)yang berhidung tipis : mempunyai ekor dan berkantung pipi.
b)yang berhidung tebal : dibagian bawah ejornya tidak berbulu dan   berekor panjang disebut kera penggasuh.




4.Rodentia (Mamalia pengerat)
      Rodentia (latin : Rodere,artinya mengerat).Mempunyai jari dan cakar.Makananya berupa daun-daunan,kadang seragga dan lainya.Rodentia hanya bergigi seri sepasang pada masing-masing rahangnya.Contoh hewan,bajing terbang,jelarang,mencit,kelinci,marmot,dan landak.


5.Perissodactyla (mamalia berkuku ganjil)
      Perissodacty (latin : prissos artinya ganjil dan dactylos artinya jari tangan atau kaki)bersifat herbivora,tetapi tidak memamah biak (memakan dengan dua tahap).





6.Artiodactyla (hewan berkuku genap)
     Artiodactyla (Yunani : Arthios artinya genap dan dactylos artinya jari tangan atau kaki),bersifat herbivora,umumya memamah biak .Kecuali babi yang tidak memamah biak.memiliki 2 atau empat jari kaki.Ukuran tubuhnya bervariasi,kaki biasanya panjang.Contohnya,kambing,lembu,banteng,kerbau,biri-biri,babi,rusa,babi hutan dan lain2.






       
pengarang : Kusno Waluyo 
penerbit     : EPSILON GRUP
editor         :Sri Mulyani, S.P.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JENIS-JENIS NARKOBA

Narkoba adalah singkatan dari Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif lain. ketiganya disebut juga dengan istilah Napza. Makna keduanya...